Tahun Baru, Banser Satkoryon Nalumsari Bersih-bersih Lingkungan

AKSI LINGKUNGAN; Banser Satkoryon Nalumsari melakukan aksi peduli lingkungan, dengan membersihkan sampah di jalan masuk Desa Karangnongko, Kecamatan Nalumsari, Jepara, Sabtu (1/1/2022) pagi. (NOR/CAN)

Karangnongko, pojoksantri.com - Banser Satkoryon Nalumsari dalam memaknai rasa syukur akan datangnya tahun baru 2022 ini dengan melakukan aksi bersih-bersih lingkungan di sepanjang jalan masuk Desa Karangnongko, Kecamatan Nalumsari, Jepara. Para anggota Banser terlihat penuh semangat dalam melakukan kegiatan yang digelar, Sabtu (1/1/2022) pagi tadi.

Meski jalan tengah ramai dengan lalu-lalang motor dan mobil, tak menyurutkan antusias para anggota Banser tersebut dalam membersihkan sampah yang ada di kanan kiri jalan dan selokan, kemudian memotong rumput dan tanaman liar yang kemudian diangkut menggunakan motor sampah menuju tempat pembuangan akhir desa setempat.

Kasatkoryon Banser Nalumsari, sahabat Abdul Malik mengatakan kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang tepat untuk mengawali kepedulian lingkungan di hari pertama tahun 2022. Gerakan peduli lingkungan yang dilakukan tersebut menjadi perhatian tersendiri di tengah-tengah musim hujan saat ini.

"Saat masyarakat banyak yang menikmati tahun baru dengan cara berlibur, kami mengawali hari pertama di tahun baru 2022 ini dengan melakukan kegiatan bersih-bersih lingkungan. Harapannya, masyarakat bisa mengikuti akan menjaga kebersihan lingkungan. Terlebih saat ini masih musim penghujan, meski tidak termasuk wilayah rawan banjir, setidaknya jangan sampai terjadi banjir akibat buang sampah sembarangan. Bisa juga masyarakat terjangkit penyakit karena abai menjaga kebersihan lingkungan," katanya.

Sekretarisnya, Saiful Ni'am menambahkan, pada kegiatan tersebut, pihaknya mengajak khususnya generasi muda Ansor serta masyarakat pada umumnya untuk tidak membuang sampah sembarangan. Menurutnya, selain tak sedap dipandang mata, membuang sampah sembarangan juga merugikan masyarakat terutama pada kesehatan.

"Kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya perlu kita tingkatkan. Jangan sampai ada lagi sampah dibuang di selokan atau pada aliran sungai yang bisa menimbulkan datangnya banyak penyakit. Mari di awal tahun ini kita mulai hidup sehat dengan membuang sampah pada tempatnya," ujarnya.

Sementara itu, Ketua PAC GP Ansor Nalumsari, sahabat Sukarno mengatakan, bahwa kegiatan tersebut murni inisiatif dari Banser yang secara suka rela melakukan aksi peduli lingkungan di pagi awal tahun 2022. Ia berharap kegiatan tersebut dapat berdampak baik bagi masyarakat ditengah-tengah musim penghujan.

"Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini. Aksi lingkungan ini harapannya juga bisa menggugah kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungannya terlebih pada musim penghujan sekarang ini. Seperti menimbun barang-barang yang dapat menampung air hujan agar terhindar dari penyakit demam berdarah," pungkasnya. (Nor/CAN)


Lebih baru Lebih lama