Ansor Nalumsari Latih Kader Jadi Youtuber

Nalumsari-pojoksantri.com - Gerakan Pemuda Ansor Ranting Nalumsari menggelar kegiatan pelatihan literasi digital dengan tema "Rahasia Youtuber Pemula Dapatkan 20 Juta Pertama" pada Jumuah siang (30/12/22) di Gedung Serbaguna Desa Nalumsari Jepara

Pada kesempatan tersebut, diikuti oleh beberapa organisasi kepemudaan yang ada di Nalumsari. Diantaranya, Karang Taruna, Fatayat NU, Pemuda Muhammadiyyah, IPNU, IPPNU dan sebagainya.

Panitia menghadirkan dua Narasumber yang ahli di bidangnya yaitu, M. Anwar Yasfin, Youtuber Dakwah yang memiliki 130 ribu subcriber dan Irvan Maria Husein seorang praktisi media dari Kudus.

Husein menyampaikan, untuk menjadi Youtuber sukses harus memilki niat yang kuat dan juga gabung komunitas "Buat Akun lebih dari satu, kemudian manfaatkanlah hari dan tanggal penting untuk upload konten yang bagus," terangnya.

Lebih lanjut Husein menjelaskan, buatlah postingan konten diwaktu tertentu. "Misalnya upload konten dua atau tiga kali dalam seminggu," tambahnya.

Hal senada juga disampaikan M. Anwar Yasfin, Ia menerangkan bahwa sebelum menjadi Youtuber kita harus menentukan target penonton kita nanti siapa.

"Kalau sasaran kita kebanyakan adalah pelajar berusia 12-18 tahun, kita bisa mengunggah video tentang tutorial, tips mengerjakan soal, dan apa yang biasa mereka cari di internet," jelasnya. 

Yasfin yang juga Dosen IAIN Kudus ini menambahkan, Setiap konten video juga jangan terlalu panjang, juga jangan terlalu pendek.

"Cukup sekitar 5 sampai 20 menit saja agar penonton tidak merasa bosan," katanya.

Berhubung kita masih pemula, Video yang sudah dibuat dan diupload tidak bisa langsung dilihat banyak orang. "Kita bisa menyebarkan video kita dengan membuat media sosial seperti FB, WA, twitter, dan sejenisnya, agar jangkauannya semakin luas," tandasnya.(Wafa)

Lebih baru Lebih lama